10 Kutipan Inspirasional Pendorong Semangat Menulis

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

10 Kutipan Inspirasional Pendorong Semangat Menulis

Menjadi penulis, tidak berarti selamanya kita tahu apa yang harus ditulis. Tidak selamanya pula kita bersemangat menulis. Ada kalanya kita merasa buntu. Ada kalanya kita kehilangan semangat menulis. Jika hal itu terjadi pada Anda, mungkin Anda perlu berhenti sejenak dan membaca kutipan inspirasional berikut ini. Siapa tahu bisa membantu mengembalikan semangat Anda dalam menulis.

1. Temukan tujuan dalam menulis. Tanpa alasan menulis yang baik, Anda tidak akan bersemangat menulis. “Temukan alasan mengapa Anda harus menulis; Lihatlah apakah dia telah mengakar dalam hatimu; Katakan pada dirimu bahwa Anda lebih baik mati daripada dilarang menuliskannya.” ~ Rainer Maria Rilke.

2. Jika lelah atau malas, lakukanlah perlahan-lahan. “Jika ditanya, ‘Bagaimana Anda menulis?’ Saya akan menjawab, ‘Satu demi satu kata.’ ~ Stephen King.

3. Ada penulis yang berhenti menulis karena merasa harus menunggu inspirasi datang. “Anda tidak bisa menunggu inspirasi. Anda harus mengejarnya dengan pemukul.” ~ Jack London.

4. Ide dapat kita peroleh dari banyak hal. “Anda mendapatkan ide dari mengkhayal. Anda mendapatkan ide dari rasa bosan. Anda mendapatkan ide setiap saat. Perbedaan penulis dengan orang biasa adalah kita sadar saat kita melakukannya.” ~ Neil Gaiman.

5. Carilah inspirasi dari buku. “Baca, baca, baca. Baca semuanya –sampah, klasik, bagus dan jelek, dan lihat bagaimana mereka melakukannya. Sama seperti tukang kayu yang baru belajar. Baca! Anda akan menyerapnya. Kemudian tulis. Jika bagus, Anda akan mengetahuinya. Jika tidak, lempar saja keluar jendela.” ~ William Faulkner.

6. Kadang, kita enggan menulis karena takut melakukan kesalahan. “Indahnya menulis adalah Anda tidak harus melakukannya dengan benar saat pertama kali, tidak seperti bedah otak, misalnya.” ~ Robert Cormier.

7. Atau bisa jadi kita berhenti menulis karena kita tidak percaya pada kemampuan kita. Karena itu, kita perlu percaya pada diri kita sendiri. “Percayalah pada dirimu sendiri, karena akan ada masanya dalam bisnis ini (penerbitan) di mana hanya Anda yang bisa melakukannya. Biasanya, penulis dengan ciri khas yang kuat sulit mendapatkan pengakuan pada awal karirnya, karena penulis dengan ciri khas yang kuat kadangkala membuat para editor gugup. Namun pada akhirnya, hanya mereka yang kuat yang bertahan.” ~ Jayne Ann Krenz.

8. Pahami bahwa hidup adalah risiko. Begitu juga dalam menulis. “Masalahnya adalah jika Anda tidak mengambil risiko, Anda mendapati risiko yang lebih besar lagi.” ~ Erika Jong.

9. Jangan menyerah dalam menulis. “Ini adalah masalah stamina, jadi jangan putus asa jika Anda menemui gang buntu dan harus memulai dari awal, atau jika Anda menerima surat penolakan lagi. Semua penulis sukses pernah menjalani itu, namun mereka terus menulis dan tidak menyerah hingga tercapai tujuan mereka.” ~ Tim Maleeny.

10. Dan yang terakhir, “Cintai apa yang Anda lakukan dan lakukan apa yang Anda cintai. Jangan dengarkan perkataan orang lain yang melarang Anda. Lakukan apa yang ingin Anda lakukan, apa yang Anda cintai. Imajinasi haruslah menjadi pusat hidupmu.” ~ Ray Bradbury. Sumber: http://www.republika.co.id/ berita/k… Join >> http://bagitau.id/Mendaftar
Silakan share jika catatan di atas bermanfaat ^_^

Daftar Sekarang

Firmansyah

Seorang bloger pemula yang sedang mengembangkan kemampuannya

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas