5 Fitur Marketing yang dibutuhkan Setiap Toko Online

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

5 Fitur Marketing yang dibutuhkan Setiap Toko Online
Kamu sudah membuka toko online. Sepertinya berjalan dengan baik, tetapi penjualanmu masih belum maksimal. Bagaimana caranya agar pelanggan akan berbelanja kembali? Fitur marketing seperti diskon khusus member, loyalty points, atau promo lainnya telah diterapkan oleh berbagai bisnis, baik offline maupun online, untuk memberikan insentif berbelanja bagi setiap pembeli. Returning customers memiliki nilai yang lebih menguntungkan dalam jangka panjang maupun pendek – sekali mempercayai suatu brand, semakin besar loyalitas mereka sehingga tidak ragu untuk kembali membeli produk atau jasa dari bisnis yang sama. Di sini lah peran fitur marketing masuk untuk menjaring returning customers. Simak dulu 5 fitur menonjol yang bisa diaplikasikan ke toko online kamu!

Hosting Indonesia

Free Traffic 468

1. New member discounts Fitur ‘diskon untuk member baru’ sering diterapkan untuk menarik minat para pengunjung situs sehingga langsung tergerak untuk melakukan pembelian pertama – misalnya, diskon 10%, 20%, atau pun memberikan potongan harga sebanyak Rp50.000 untuk pembelian pertama. Selain itu, dengan merekam data pribadi setiap pembeli yang mendaftarkan diri sebagai member, kamu bisa membagi mereka ke beberapa kategori segmen (seperti pria/wanita, remaja/dewasa, pelajar/pekerja) untuk menyesuaikan pendekatan kamu ke depan saat ingin berbagi update seputar promo, produk baru, dan sebagainya. Dengan adanya diskon atau potongan harga dari awal pembelian, tentunya keuntungan penjualan kamu bisa terpotong. Tapi bandingkan nilai yang akan diperoleh dari penjualan ini dengan yang sama sekali nol jika kamu tidak berhasil menarik minat para pebelanja.
2. Birthday promo khusus member Acara musiman seperti Lebaran, Natal, Valentine’s day, hari ibu dan lain-lainnya akan ada setiap tahun, tetapi tidak semua orang merayakannya. Namun, semua orang tentu memiliki ulang tahun. Fitur “birthday promo” ini bisa membuat pengalaman members semakin berkesan di hari ulang tahun mereka, sehingga kesan positif terhadap bisnis kamu akan meningkat. Inilah salah satu alasan perlu record data tanggal lahir setiap member – hanya dengan mengacu pada tanggal yang telah terekam, secara otomatis toko online kamu akan menetapkan diskon bagi member yang ingin berbelanja saat berulang tahun.
3. Loyalty points! Fitur loyalty points semakin umum digunakan oleh berbagai bisnis (tidak online saja) agar mendorong minat para pelanggan untuk melakukan pembelanjaan lebih dari satu kali. Sistem ini bekerja berdasarkan akumulasi poin dari setiap pembelian dengan nilai harga tertentu. Misalnya, member akan mendapatkan
1 poin untuk setiap kelipatan Rp20,000 sekali berbelanja. Saat poin yang terakumulasi sudah mencapai nilai yang ditetapkan, di sanalah kita dapat memberikan reward di mana poin tersebut dapat dikonversi ke nilai uang atau pun hadiah merchandise seperti produk bestseller dan item berharga lainnya. Kenapa semakin banyak bisnis yang menggunakan sistem loyalty points? Jika diberikan insentif yang tinggi dan tepat, pelanggan terbukti akan semakin ‘terdorong’ untuk melakukan purchase secara terus menerus hingga akhirnya mendapatkan reward itu. Selain merasa dihargai sebagai pelanggan loyal, mereka pun akan merasa manfaatnya menghemat pengeluaran untuk jangka panjang.
4. Special membership Fitur special membership bertujuan memberikan insentif bagi pelanggan untuk tetap menjaga loyalitas mereka dengan treatment spesial yang tidak didapatkan oleh member biasa. Seperti member berkategori VIP diberikan harga atau diskon spesial di luar musim promo, atau member VVIP mendapat akses khusus untuk mendapatkan produk yang limited edition. Pemberian membership khusus bisa diaplikasikan pada members yang telah melakukan purchase di atas nilai tertentu – atau dengan persyaratan lainnya, sesuai kebutuhan dan target kamu. Jangan takut untuk memanjakan pelanggan kalau pada akhirnya kamu telah mendapatkan loyalitas mereka.
5. Sistem kode kupon Sistem kode kupon ini cocok bagi yang ingin menyebarkan promo melalui email atau media sosial agar semakin banyak peminat yang tertarik untuk berbelanja di situs toko online kamu – bukan member saja. Saat ini semakin banyak bisnis dan juga endorser yang mempromosikan suatu produk atau brand dengan menggunakan kode unik berupa nama, angka atau kata bermakna apa pun. Pada umumnya, kode tersebut disesuaikan dengan tema promo musiman (contoh: kode SANTA untuk diskon 35% saat natal) atau pun nama endorser sendiri, agar jumlah pelanggan yang didapatkan dari setiap kode unik dapat dilacak. Kamu bisa menentukan sendiri apa persyaratan untuk membuat kode kupon ini berlaku, seperti minimum harga pembelian, jumlah barang dan batas tanggal penggunaan. Yang menarik dari sistem kode kupon ini adalah kemampuan untuk membatasi setiap kode untuk produk dan kategori tertentu, atau pun lokasi dan alamat pengiriman si pembeli.
Nah, kalau kamu tertarik untuk mengaplikasikan salah satu dari fitur marketing di atas pada toko online kamu, semua bisa didapatkan secara mudah dengan mendaftarkan diri di Jejualan!
Software Website Toko Online

Bonus GRATISS
ebook-5-jurus-jitu-dongkrak-profit-previ

video-yubinar-30-hari-jago-jualan-bersam

Daftar Sekarang

Comments

comments

12 Comments

  1. agozbuzar Maret 9, 2016
  2. Deki Maret 9, 2016
  3. DianLS Maret 25, 2016
  4. Deki Maret 25, 2016
  5. уadi Maret 25, 2016
  6. Deki Maret 25, 2016
  7. satersia Maret 25, 2016
  8. SITUSANDROID April 21, 2016
  9. zetsful April 22, 2016
  10. Deki April 22, 2016
  11. Jaka Adhitea April 22, 2016
  12. Deki April 22, 2016

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas