CARA MEMBUAT AYAM GORENG KRIUK YANG SEHAT UNTUK ANAK

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

CARA MEMBUAT AYAM GORENG KRIUK YANG SEHAT UNTUK ANAK

DapurLagi – Ayam goreng termasuk lauk yang banyak digemari oleh semua kalangan, terutama anak-anak. Rasa gurih daging ayam yang berpadu dengan kriuk dan renyahnya tepung memberikan sensasi tersendiri bagi anak sehingga tak heran jika nafsu makan anak jadi meningkat. Ayam memang mengandung protein dan nutrisi lain yang bagus untuk mendukung tumbuh kembang anak, namun jika pengolahannya tidak tepat, maka apalah manfaatnya? Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali rumah makan atau warung kaki lima yang menyediakan ayam goreng kriuk favorit anak-anak. Tapi apakah Anda yakin jika ayam goreng krispy yang menggoda tersebut aman bagi anak? Bukan rahasia lagi jika terdapat campuran MSG, dan bahan-bahan lain yang kurang bagus untuk tumbuh kembang anak.

Ayam Kriuk

Nah, membuat sendiri menu ayam kriuk untuk anak tentu jauh lebih aman dan menyehatkan, karena kita bisa memilih bahan-bahan yang terbaik, bukan? Ingin tahu bagaimana membuat ayam kriuk yang aman untuk anak? Simak Cara Membuat Ayam Goreng Kriuk yang Sehat Untuk Anak berikut ini :

Pilih ayam yang segar

Agar rasa ayam goreng lebih nikmat, pastikan memilih ayam yang segar untuk diolah menjadi ayam goreng kriuk untuk anak. Anda bisa memilih ayam kampung atau ayam pedaging, hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan, karena umunya ayam kampung harganya lebih mahal.

Cuci ayam sampai bersih

Untuk menghindari kontaminasi bakteri, pastikan mencuci bersih daging ayam sebelum diolah. Cuci dengan air mengalir ya agar ayam benar-benar bersih dan bebas bakteri.

Siapkan bumbu pilihan Bumbu membuat rasa ayam goreng kriuk buatan Anda jadi lebih gurih dan lezat.
Karena itu, pastikan pilih bumbu-bumbu yang berkualitas.

Free Traffic 468

Ungkep ayam hingga empuk

Sebelum digoreng, Anda bisa mengukep ayam terlebih dahulu agar empuk. Jangan lupa tambahkan bumbu halus ketika merebus ayam agar umbu lebih meresap ke dalam daging ayam. Oiya, Anda bisa mengukep ayam dengan santan atau air kelapa loh. Kedua cara ini sama-sama membuat daging ayam lebih empuk dan nikmat.

Celupkan dalam kocokan telur

Setelah mengungkep ayam, Anda bisa mencelupkan ayam kedalam kocokan telur. Cara ini membuat tepung bisa melekat pad ayam dan bentuknya akan keriting tentunya.

Gulingkan dalam tepung

Pilih tepung terigu dan tapioca, karena perpaduan keduanya membuat ayam kriuk buatan Anda lebih kriuk dan pastinya nikmat.

Goreng dalam minyak panas

Setelah itu, panaskan minyak goreng dan goreng ayam kedalam minyak panas hingga terendam. Balik menggunakan penjepit agar tidak rusak bentuknya. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan.
Resep Ayam Goreng Kriuk yang Sehat untuk anak

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

1 ekor ayam
2 btr Telur, kocok lepas
½ sdt lada bubuk
500 ml Santan, dari ½ kelapa
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan

Bumbu yang dihaluskan :

6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sdm ketumbar
1 ruas kunyit
Garam secukupnya
1 sdt gula pasir

Bahan kremes

gula pasir 300 gr
Tepung Terigu 200 gr
Tepung tapioca
1 sdm Kaldu ayam
bubuk Garam secukupnya

Cara membuat
Ungkep ayam kedalam bumbu halus dan santan. Gunakan api kecil dan masak hingga ayam matang.
1 Masukkan ayam kedalam kocokan telur yang sudah dibubuhi lada bubuk
2 Gulingkan kedalam tepung, remas dan cubit- cubit agar tepung lengket.
3 Panaskan minyak goreng dan masukkan ayam. Goreng hingga berwarna kuning keemasan dan matang.

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas