Panduan Berpakaian Saat Job Fair

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Panduan Singkat Berpakaian Saat Job Fair

Panduan Berpakaian Saat Job Fair

Job fair adalah sebuah sarana buat kamu para mencari kerja untuk menemukan pekerjaan yg sesuai begitu jg bagi perusahaan melalui job fair ini mereka berharap dapat menemukan pegawai yg sesuai kriteria mereka. Saatnya bagi Anda, untuk mempersiapkan diri memasuki dunia yang baru. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mengunjungi job fair bukan hanya sekedar menaruh surat lamaran. Akan tetapi saat menaruh surat samaran itu sendiri memiliki bobot penilaian. Nah, agar mendapatkan penilaian yang baik, simak tips berpakaian dari officer dari Astra International dan Sri Muliati Abdullah, M.A.,Psi., selaku Staf Ahli Bidang Training and Recruitment ECC UGM yuk.

1. Tunjukan First Impression Yang Baik

“Proses dropping sebenarnya sudah merupakan seleksi, yaitu seleksi penampilan. Sebab, penampilan merupakan instrumen vital untuk memperkuat “kesan pertama” saat bertemu officer,” ujar wanita yang akrab disapa dengan Lia ini. Ia menambahkan bahwa penampilan bukan hanya melulu soal cara berpakaian, tetapi juga dari sisi olah tubuh kita atau gesture.

Hal senada juga diutarakan Doni Saktiawan, S.H., HR Management PT Astra International. Menurutnya gesture yang ramah, penuh antusias, dan rasa percaya dirilah yang perlu dibangun saat melamar pekerjaan atau interview.

2. Nyaman dan Tidak Berlebihan

Berbeda dengan berpakaian saat kita bertamu, atau acara yang santai. Dari atribut juga juga disesuaikan dengan tema formal tersebut.

Menurut Doni sapaan akrabnya, khusus untuk wanita hindari pemakaian sepatu berhak tinggi, karena akan mengurangi kenyamanan dan fleksibilitas saat berkeliling di area job fair. “Pada dasarnya sopan, rapi, simple, menarik, dan tidak berlebihan,” imbuhnya.

Untuk beberapa industri seperti industri kreatif, hindari tema Black&White, karena berkesan mainstream, kaku, dan konservatif.

3. Hindari Pakaian Ketat

Jangan samakan job fair dengan pameran mode. Pakaian yang menurut Anda nyaman, belum tentu nyaman bagi orang lain yang melihatnya.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan busana yang longgar dan juga menyerap keringat. Selain alasan formalitas, pakaian yang lebih longgar juga akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada tubuh Anda.

Ingat, jaga first impression dengan menjaga penampilan Anda.

4. It’s Not a Fashion Show!

Jika pada pakaian dianjurkan untuk memakai yang berlebih, tetapi tidak dengan kosmetik. Lia menambahkan bahwa dalam merias wajah cukup gunakan yang sederhana dan tidak berlebihan, terutama dalam memadu-padankan warna riasan.

Free Traffic 468

Tujuan Anda adalah mencari kerja, bukan pergi ke pesta, ” tukasnya mantap. Rambut juga harus tampak rapi dan bila perlu sebaiknya dicepol.

5. Tunjukkan Kerapian

Sedangkan untuk laki-laki, cukup tunjukan kerapihan melalui cara berpakaian. Untuk celana gunakan yang berbahan kain, dan jangan sekali-kali berani menggunakan Jeans, ungkap Lia. “Walaupun jeans model resmi, usahakan tetap jangan dikenakan,” himbaunya.

Lebih spesifik, Doni memberi arahan mengenai cara berpakaian. “Gunakan atasan kemeja lengan panjang, bawahan celana panjang berwarna gelap, tidak terlalu ketat atau longgar, serta gunakan sepatu non-casual yang tertutup,” ujarnya. Ia menambahkan, untuk aksesori berupa jam tangan atau ikat pinggang, gunakan yang serasi dengan pakaian. Dasi juga bisa digunakan untuk melamar beberapa jenis perusahaan seperti perbankan atau lembaga konsultan.

6. Bawa Perbekalan

Jangan lupa untuk membawa tisu atau sapu tangan, air minum, make-up khusus bagi wanita, atau jika perlu membawa pakaian ganti. Durasi job fair yang cukup lama ditambah dengan penuh sesaknya orang-orang yang ingin melamar pekerjaan, sudah tentu akan menguras tenaga dan emosi kita.

Disaat seperti itulah alat-alat tersebut bisa berguna. Gunakan tisu atau sapu tangan jika berkeringat, tambahkan parfum jika perlu.

Bagi wanita bisa menggunakan make-up jika dirasa perlu. Namun, jika dirasa dengan mengelap keringat atau mengganti make-up tidak lagi tidak menyelesaikan masalah, maka saatnya gunakan pakaian baru yang lebih rapi dan bersih.

Mungkin terlihat merepotkan namun kerepotan yang Anda alami tersebut, rasanya akan setimpal jika nantinya Anda mampu lolos interview dan diterima kerja dengan dukungan penampilan Anda yang baik.

Selamat berjuang ! [CN/OCH/VINI/DMS]^^

Daftar Sekarang

Artikel Lainnya:

1. Cara Sukses Diusia Muda

2. 5 fitur Marketing yang dibutuhkan Toko Online

3. Seputar Program Affiliate

4. 7 Kesalahan Fatal Promosi Online

5. Usaha Sampingan Anti Rugi

6. E-book Tips Beasiswa Keluar Negeri

7. Right, Warant, dan Obligasi

8. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

9.Materi Kuliah Manajemen Keuangan: Saham dan Obligasi

10. Resume Manajemen Investasi Bab 1 dan 2 Buku Bodie


Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas