Cara Instal Linux lewat USB Flasdisk

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Written By yudha dhesockerz on Selasa, 15 Oktober 2013 | 14.48

linux on usb

Install Linux melalui media USB

Jaman dahulu awalnya Linux diinstall ke harddisk melalui media Floppy Disk yang sekarang sudah sangat jarang digunakan. Seiring perkembangan jaman linux diinstall melalui media keping optik atau CD/DVD. Lalu bagaimana dengan pengguna Netbook? Mereka bisa menggunakan CD/DVD eksternal untuk membaca keping CD/DVD. Lalu bagaimana bagi yang tidak mempunyai CD/DVD eksternal? Nah disinilah mengapa kita perlu mengetahui bahwa Sistem operasi Linux dapat diinstall melalui media USB flashdisk/pendrive atau bahkan menginstallnya pada USB flashdisk/pendrive.

Ada beberapa cara dengan menggunakan software
Unetbootin

Free Traffic 468

unetbootin
Tool yang satu ini relatif mudah dalam penggunaannya serta multiplatform atau dapat dijalankan dari beberapa jenis os mulai dari windows, linux, maupun mac os. Caranya cukup mudah, pertama pilih distribution untuk download terlebih  dahulu atau pilih disk image untuk linux yang sudah kita download, kemudian pilih drive memory (flashdisk) tujuan dan klik ok. tunggu sampai proses selesai.
http://unetbootin.sourceforge.net

Linux liveUSB creator

 
Biasa disebut dengan LiliUSB dan berjalan pada platform windows. Caranya lebih mudah karena kita diminta melengkapi urutan langkah yang sudah ada dalam tampilan program.
http://www.linuxliveusb.com

Universal USB installer

universal usb installer
Ini merupakan tool alternatif untuk membuat Linux USB. Dan kabar baiknya tool ini tidak hanya untuk linux saja, misal kita dapat menginstall windows 7 dari usb, kemudian hiren boot cd dan lainnya.

2.png
Cara Instal Linux lewat USB Flasdisk

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas