Bagitau 3 Tipe Kepribadian Manusia: Introvert, Ekstrover dan Ambivert yang mana kepribadianmu?

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Bagitau 3 Tipe Kepribadian Manusia: Introvert, Ekstrover dan Ambivert yang mana kepribadianmu?

Bagitau 3 Tipe Kepribadian Manusia: Introvert, Ekstrover dan Ambivert yang mana kepribadianmu?

Introvert adalah istilah untuk orang-orang seperti saya yang jarang bersosialisasi. Orang seperti ini cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Walau sebenarnya, tidak juga anti sosial namun orang seperti ini cenderung lebih senang dan menikmati kesendirian, daripada harus berada ditengah keramaian.

Orang dengan kepribadian Introvert memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Tidak banyak bicara, Lebih suka bekerja, sendiri, Tidak suka menjadi pusat perhatian, Berhati-hati, Lebih suka berfokus pada satu hal, Sulit bergaul, Lebih sering mendengarkan daripada bercerita, Suka mengamati interaksi di sekitar mereka.

Sementara Ekstrovert adalah kebalikan dari kepribadian Introvert. Istilah Ekstrovert digunakan untuk menyebut orang-orang yang lebih senang beraktivitas diluar atau bersosialisasi. Menurut istilah kunonya ya orang seperti ini dikenal juga dengan istilah supel dan senang bergaul.

Simak juga cerita soal Pendapat Saya Mengenai Istilah Introvert dan Ekstrovert

Berikut ini adalah beberapa ciri orang dengan kepribadian Ektrovert. Diantaranya adalah Antusias, Banyak bicara, Tegas, Suka berteman, bersemangat, Spontan Percaya Diri ,Suka Keramaian, Suka Bercerita.

Orang-orang dengan Kepribadian Extrovert sangat senang beraktivitas diluar dimana terdapat banyak orang atau ditengah keramaian, daripada ditengah tempat yang sunyi.

Free Traffic 468

Kedua istilah klasifikasi kepribadian baik Introvert maupun Ekstrovert ini pertama kali dipopulerkan oleh Carl Jung.

Karena pengukuran kepribadian ini sifatnya kaku. Maka, memiliki kecenderung memaksa mereka yang suka bergaul, masuk ke barisan Ekstrovert. Mereka yang senang menyendiri, masuk ke dalam kelompok Introvert.

Berdasarkan hal tersebut maka menimbulkan sebuah pertanyaan, “bagaimana dengan mereka yang berada di antara keduanya?”

Nah untuk mereka yang masuk ke dalam zona tengah ini dikenal dengan Istilah Ambivert. Tipe yang satu ini cenderung terlupakan.

Orang dengan kepribadian Ambivert ini cenderung memiliki sikap seperti Introvert dan juga Ekstrovert. Bisa dibilang mereka ini Fleksibel. Tergantung situasi dan kondisi. Terkadang mereka bisa Introvert kadang juga Ekstrovert.

Orang Ambivert bisa berbaur dengan orang-orang yang bersifat Introvert maupun Ekstrovert. Mereka ini pandai menyesuaikan diri dengan kelompoknya.

Sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan mereka yang berkepribadian Introvert maupun Ekstrovert.

Orang dengan kepribadian Ambivert dapat berbaur dengan mereka yang kutu buku. Namun, juga tidak mempermasalahkan bila harus beraktivitas diluar luangan dimana mereka diharuskan berhadapan dengan banyak orang.

Dalam melakukan suatu kegiatan juga demikian bila mereka yang berkepribadian Introvert lebih suka melakukannya secara menyendiri. Hasil pekerjaan mereka lebih optimal bila dikerjakan sendiri. Beda dengan mereka yang Ekstrovert dimana mereka lebih suka beramai-ramai. Hasilnya pun akan lebih optimal bila dikerjakan secara bersama-sama.

Sedangkan mereka yang Ambivert lebih fleksibel mereka tetap bisa mengerjakannya walau harus sendiri maupun jika terpaksa beramai-ramai secara optimal.

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas