Menghilangkan Diskriminasi Menyatukan Negeri

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Menghilangkan Diskriminasi Menyatukan Negeri

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kata diskriminasi diartikan sebagai pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara (berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya). Diskriminasi seringkali ditunjukkan sebagai bentuk ketidakadilan. Hal semacam ini sebenarnya merupakan sifat alami dari manusia itu sendiri dimana biasanya, manusia akan membedakan sesuatu dalam kategori-kategori tertentu hingga seringkali ada pihak yg merasa dirugikan dan merasa mendapat perlakuan secara tidak adil karena karakteristik tersebut.

Diskriminasi bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Diskriminasi secara langsung, terjadi ketika suatu hukum peraturan atau kebijakan memuat karakteristik tertentu seperti suku, agama, ras, dan kepercayaan sehingga pelakunya mendapat hukuman berbeda-beda tergantung karakteristik yang ia miliki. Diskriminasi secara tidak langsung terjadi saat peraturan yang sebenarnya bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan dilapangan. Perlakuan diskriminatif dimasyarakat misalnya berdasarkan jenis kelamin yakni pembedaan sikap dan perlakuan terhadap sesama manusia berdasarkan perbedaan jenis kelamin; kemudian ras, ada anggapan segolongan ras tertentu bahwa rasnya itulah yang paling unggul dibandingkan dengan golongan ras lain hal ini biasa dikenal dengan istilah rasisme; Selanjutnya adalah rasial pembedaan sikap dan perlakuan terhadap kelompok masyarakat tertentu karena perbedaan warna kulit; Selain itu manusia juga sering membedakan sikap dan perlakuan terhadap sesama manusia berdasarkan kedudukan sosialnya.

Free Traffic 468

Karena membeda-bedakan merupakan sifat alami manusia. Maka diskriminasi takkan pernah bisa dihilangkan. Sebagai seorang individu manusia juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia pasti mempunyai keinginana untuk mengelompok. Pada kegiatan mengelompok inilah terkadang yang menimbulkan diskriminasi. Adakalanya suatu kelompok merasa lebih baik dari kelompok lainnya dan menganggap mereka lebih unggul berdasarkan kriteria-kriteria warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya. Hal semacam ini sangat sulit untuk dihapuskan karena sudah mendarah daging dan menjadi bagian dari sebuah catatan sejarah panjang kehidupan manusia. Saat ini diskriminasi sudah menjadi bagian dari budaya tersendiri sehingga sangat wajar bila seseorang pelaku tidak dapat merasakan bahwa sebenarnya perlakuannya bersifat diskriminatif. Saya ambil contoh saat ini ditengah panasnya suasana politik, berkembang isu-isu sara yang pada akhirnya menjurus pada tindakan diskriminatif.
Secara hukum, negara kita ini memang memberlakukan aturan yang sama kepada warganegaranya. Namun, kaum minoritas tak jarang diperlakukan diskriminatif oleh sesamanya. Bangsa indonesia dari namanya saja Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semboyan Bhineka tunggal ika merupan sebuah negara kesatuan yang terdiri dari berbagai etnis dan keturunan. Artinya kita adalah satu maka janganlah merasa bahwa etnis anda lebih baik, ras anda lebih baik, agama anda lebih baik, kepercayaan anda lebih baik sementara mereka yang punya berbeda lebih buruk. Leluhur kita dulu sama-sama berjuang tanpa peduli asal etnis dan keturunan hingga terbentuklah sebuah bangsa Indonesia janganlah menghianati perjuangan mereka dengan diskriminasi. Sekarang ini, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa dirinya dan kelompoknya diperlakukan tidak adil, sementara dirinya sendiri memperlakukan orang lain secara tidak adil. Mendiskreditkan seseorang karena etnis dan kepercayaannya adalah tindakan diskriminatif. Merasa benar karena agama dan kepercayaan sendiri dianggap lebih baik dari agama lain adalah tindakan diskriminatif. Jadi, sangat jelaskan siapa yang sebenarnya berlaku tidak adil. Yuk, mari kurangi perlakuan-perlakuan diskriminatif kepada sesama kita. Hargai perjuangan leluhur kita yang mengorbankan segalanya demi terbentuknya sebuah bangsa Indonesia. Kita adalah satu bangsa-bangsa Indonesia, kita berbahasa yang satu bahasa Indonesia, kita bertanah air yang satu, tanah air indonesia kurang lebih inilah isi dari sumpah pemuda. Indonesia kuat karena persatuannya, mari kita jaga bersama. Stop tindakan diskriminatif.

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas