Pekerjaan yang Membuat Kamu Terlihat Menganggur

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Pekerjaan yang Membuat kamu terlihat Menganggur

Oleh: Deki Firmansyah, S.E

Alumni Universitas Sriwijaya sekaligus seorang Bloger pemula yang sedang mengembangkan kemampuan menulisnya. Pemilik Website Bagitau.id dan Infoker’s. Menulis hanya untuk berbagi demi kesenangan pribadi karena “Berbagi itu Menyenangkan”

Free Traffic 468

Pekerjaan adalah aktivitas yang dilakukan manusia untuk menghasilkan sesuatu (biasanya uang). Berdasarkan pengertian diatas maka pada dasarnya apa saja yang kita lakukan selama itu menghasilkan sesuatu (uang) maka itu bisa disebut sebagai sebuah pekerjaan. Jadi, sah-sah saja rasanya kalau orang yang melalukan kegiatan itu menyebut dirinya memiliki pekerjaan. Kenyataan dimasyarakat kadang tidak sama dengan fakta yang sebenarnya. Sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa pekerjaan diberikan oleh perusahaan atau sebuah lembaga. Jadi, hanya orang bekerja untuk perusahaan atau lembaga yang disebut pekerja. Sementara mereka yang tidak/belum memiliki kesempatan untuk bekerja pada perusahaan atau lembaga disebut sebagai pengangguran. Entah mengapa stigma seperti ini begitu lekat dimata masyarakat. Meskipun terkadang seseorang yang mereka cap sebagai pengannguran itu ternyata memiliki penghasilan yang lebih besar daripada pekerja kantoran. Padahal sebenarnya pengertian dari pengangguran itu sudah sangat jelas yakni seseorang yang sedang tidak belerja sama sekali, sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu. Namun kenyataannya dimasyarakat terkadang orang yang kerja di sektor non formal seringkali disebut pengangguran. Hanya karena terlihat dirumah saja lantas masyarakat menyebutnya sebagai pengangguran. Padahal dirumahnya ia juga sambil jaga warung miliknya sendiri. Dari warung ini ia memperoleh penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga ia tidak perlu terlalu sering meninggalkan rumah.
Selain contoh diatas masih banyak contoh lainnya misalnya saja seorang yang berdagang online, bloger, penulis, atau orang-orang yang menjual jasa desain grafis. Orang-orang seperti ini seringkali disebut oleh masyarakat sebagai pengangguran. Padahal ia tetap melakukan suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang kemudian dapat dijadikan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kegiatan semacam ini secara tradisional disebut sebagai kerja serabutan meskipun terkadang lebih sering disebut pengangguran. Di era modern pekerjaan semacam ini lebih dikenal sebagai Freelancer. Sebagai seorang seorang freelancer mereka tidak terikat pada sebuah perusahaan. Mereka menerima pekerjaan berdasarkan pesanan sesuai keahlian mereka masing-masing baik oleh perorangan atau perusahaan. Semakin baik apa yang mereka hasilkan maka semakin banyak pesanan yang mereka dapat sehingga semakin besar pula penghasilan mereka. Dimata masyarakat mereka-mereka ini terlihat nganggur dan tak jarang mereka-mereka ini di cap negatif.
Selain freelance pekerjaan yang terkadang disebut pengangguran ada juga orang yang bekerja sebagai seorang blogger. Blogger adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seorang pengelola blog. Sementara blog sendiri adalah merupakan sebuah aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Kerjaan seorang blogger hanya menulis sesuatu yang menarik kemudian mempostingkannya di blog yang mereka kelola. Bermain blog seperti ini bagi saya juga merupakan sebuah pekerjaan karena kegiatan ini juga menghasilkan sesuatu. Bila tulisan-tulisanmu dapat menarik banyak orang untuk berkunjung ke blogmu ini tentunya merupakan sebuah kesempatan emas bagimu untuk menyediakan tempat bagi orang-orang untuk beriklan. Dari iklan yang kamu tayangkan kamu bisa mendapatkan penghasilan. Mungkin banyak diantara kita yang tidak percaya namun kenyataannya ada begitu banyak blogger yang kaya raya dari ngeblog. Bagi orang yang tidak tau, para blogger ini tentunya dianggap pengangguran karena kerjanya yang terkadang tidak perlu keluar rumah. Pengangguran berduit, begitulah gambaran seorang bloger profesional. Mereka (terlihat) nganggur namun punya banyak duit. Seiring perkembangan zaman kegiatan ini berkembang menjadi vlog (video blog) sama seperti halnya ngeblog bedanya hanyalah pada kontennya yang sebagian besar dalam bentuk video.
Pekerjaan-pekerjaan seperti yang sudah dilaskan diatas sebenarnya dapat menjadi solusi bagi kamu yang belum mendapat tempat di sektor formal. Meskipun terlihat menganggur selama kegitan itu positif dan berpotensi menghasilkan kenapa tidak dicoba? Semoga menginspirasi. Demikianlah pekerjaan-pekerjaan yang membuat seseorang terlihat menganggur. Adakah pekerjaan lain yang belum tercantum? Share di komen ya

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas