Rahasia Menciptakan Word Of Mouth Marketing yang Efektif

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Misteri membentuk word of mouth marketing yg efektif

Word of mouth marketing ialah komunikasi mengenai produk dan jasa antara orang-orang yang dianggap independen diluar perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, dalam medium yang akan dianggap independen dari perusahaan.

Komunikasi ini bisa saja berupa percakapan, atau hanya satu arah testimonial.

Contohnya berbicara langsung, melalui telepon, e-mail, listgroup, atau wahana komunikasi lainnya.” (silverman, george. 2001. The secret of wom marketing. Ebook edition, hal. 25) .

Word of mouth (wom) atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke ekspresi selalu sebagai fenomena marketing yang menarik untuk dibicarakan.

Beberapa marketer punya pandangan yang skeptis dan meremehkan promosi macam ini.

Padahal tak jarang kali promosi dengan womhanya perlu biaya kecil dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali.

Bicara tentang wom akan membawa kita di tatanan komunikasi interpersonal dan komunikasi dalam kelompok.

Wom mempunyai kekuatan yg lebih akbar dibandingkan dengan iklan maupun penjualan langsung, karena kekuatan wom terletak pada kemampuannya dalam memberikan rekomendasi (referral).

Hal tadi sejalan dengan pemikiran dye bahwa “kehidupan sehari-hari, seorang cenderung senang untuk membagi pengalamannya ihwal sesuatu.” (godin, seth. 2000.Unleashing the ideavirus: e-book edition.New york: do you zoom inc, hal 12.)

Wom dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu wom positif (pwom) serta wom negatif (nwom) dan keduanya mempunyai impak yg kuat terhadap perilaku konsumen dan kinerja bisnis.

Wom positif adalah proses penyampaian info berasal mulut ke mulut yg dilakukan sang individu yang satu ke individu lain sesuai pengalaman yg bersifat positif terhadap suatu produk, jasa, maupun perusahaan.

Ad interim itu, komunikasi wom negatif artinya proses interaksi berasal ekspresi ke lisan yg berdasarkan pada pengalaman negatif yg diperoleh dari individu yg satu ke individu yang lain terhadap suatu produk, jasa, atau perusahaan. (http://pend- ekonomi.Blogspot.Com/2012/07/jenis-serta- tingkatan-komunikasi-word-of.Html)

Adapun wom dibagi menjadi 9 level strata mulai asal minus 4 sampai level plus 4 yang intinya mencoba buat mengkolaborasikan lebihlanjut konsep wom positif serta wom negatif.

Free Traffic 468

Di level minus 4 apa yg dikatakan orang hanyalah hal yg negatif dan sebaliknya level plus 1 sampai level plus 4 disebut dengan womp.

Semakin ramainya persaingan mengakibatkan para pembeli serta para pembuat keputusan semakin kesulitan dalam mengumpulkan info sebanyak mungkin serta tidak punya waktu buat membentuk penelitian sendiri.

Maka dari itu, pelanggan zaman sekarang jadi semakin tergantung pada sumber yg telah mereka percaya atau hormati buat menghasilkan suatu keputusan membeli, plus membentuk suatu opini pada benak mereka.

Karena itu sebagai penjual anda harus memahami apa rahasia supaya wom marketing tadi berupa hal yg positif bagi bisnis kita agar mampu berjalan secara efektif.

Berikut rahasianya:

1. Berikan pelayanan yg terbaik, bukan hanya rupawan.

Spesialkan setiap customer anda.

Cintai mereka sebagaimana anda menyayangi anda sendiri.

Berikan pelayanan yang terbaik. Tak jarang-tak jarang menyebut namanya. Jalin korelasi secara bersiklus.

2. Puaskan mereka

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dari strategi wom marketing yang sudah anda buat, maka yang pertama wajib dilakukan ialah memuaskan customer anda.

3. Penuhi kebutuhan mereka serta bahagiakan mereka

Bila anda ingin bahagia, bahagiakan orang lain. Jadi anda perlu membuat bahagia pelanggan Anda sehingga pada akhirnya mereka juga akan membahagiakan anda.

Cara mereka membahagiakan Anda adalah dengan memberikan penilaian yang positif mengenai produk yang anda tawarkan ke orang-orang yang mereka kenal.

4. Beri mereka lebih dari apa yg mereka harapkan

Jika harganya 10, akan tetapi anda memberikan value senilai 100, mereka akan puas.

Potensi mereka bicara akan akbar. Bila harganya 100, akan tetapi anda menyampaikan valuenya hanya senilai 10, mereka akan kecewa.

Potensi mereka bicara pun negatif tentang produk anda, akan besar. Jadi anda lakukan empat hal tersebut secara konsisten.

Sehingga penilaian positif mengenai produk Anda akan terus berkesinambungan.

Tunggu apa yg akan terjadi.
Semoga bermanfaat.
Boleh share, nggak usah ijin

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas