Terungkap Inilah dia Manfaat Ampas Kopi yang Belum Anda Ketahui

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Terungkap Inilah dia Manfaat Ampas yang Belum Anda Ketahui

Terungkap Inilah dia Manfaat ampas kopi yang belum kamu ketahui

Bagi para penikmat kopi tak asing rasanya dengan ampas yang ditinggalkannya sebagai sisa hasil dari proses menyeduh kopi.

Ampas kopi ini lebih akrab dengan bak sampah karena memang dilebeli sebagai sampah.

Namun, siapa sangka ampas kopi juga memiliki banyak manfaatnya. Bila anda mengetahui manfaatnya anda tentu tidak membuangnya begitu saja.

Dengan memanfaatkannya ini jelas menambah nilai guna dari ampas kopi.
Dari awalnya hanyalah sampah yang dibuang begitu saja menjadi sesuatu yang banyak manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat ampas kopi yang berhasil dihimpun oleh tim Bagitau.id

Artikel Lainnya:

Tips Agar Kamu Tetap Bisa Semangat Kerja Disaat Berpuasa

Pupuk Alami yang Tidak Merusak

1. Cangkir dari ampas kopi
Ditangan seorang yang terampil, bahan tidak berguna bisa disulap menjadi barang berharga. Seperti yang dilakukan oleh Julian Lechner, seorang desainer berkebangsaan Jerman yang sukses menyulap ampas kopi menjadi berbagai model cangkir yang dapat digunakan kembali untuk meminum kopi.

“Saya mulai mendaur ulang bubuk kopi di Italia dan bekerja menggunakan proses injection-molding untuk mendaur ulang ampas dengan menambahlan bahan terbarukan lainnya seperti biji-bijian dan lem alami,” ujarnya.

Free Traffic 468

2. Menghilangkan Bau Bawang
Bau yang ditimbulkan dari bawang merah dan bawang putih yang telah dikupas seringkali menggangu bagi sebagian orang.

Ampas kopi ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir bau bawang. Bila ampas kopi sedang tidak tersedia, bubuk kopi juga memiliki manfaat yang sama.

3. Membersihkan pemanggang, panci dan wajan

Noda kotoran sisa pembakaran pada pemanggang, panci dan wajan seringkali susah untuk dibersihkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba trik yang satu ini agar lebih mudah dalam membersihkannya.

Bubuk kopi kasar yang telah menjadi ampas dapat digunakan sebagai bahan untuk menggosok pemanggang, panci dan wajan menggantikan fungsi abu gosok yang selama ini sering kita gunakan.

Caranya adalah dengan metakkan bubuk/ ampas kopi pada kain usang, lalu gosokkan ke pemanggang, panci, dan wajan. Kopi juga dapat mengurangi kotoran yang susah hilang.

4. Manfaat ampas kopi tanaman.

Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah dan membantu menyuburkan tanaman. Cacing menyukai kopi. Mereka akan sangat senang mengkonsumsi ampas kopi yang anda taburkan kedalam tanah, lalu mengubahnya menjadi bahan kaya nustrisi bagi tanah.

Sebaiknya lakukan pada kapasitas kecil tanah sehingga Anda dapat menambahkan 1 gelas kapur untuk dapat menyeimbangkan keasaman tanah jika diperlukan.

5. Sebagai Neutraliser bau

Ampas kopi dapat digunakan sebagai neutraliser bau. Bila saluran pembuangan air anda mengeluarkan bau, anda dapat mengatasinya dengan mengambil secangkir bubuk kopi kemudian masukkan ke dalam lubang Saluran pembuangan Dapur Anda lalu siram dengan air mendidih, maka baunya akan berkurang.

Sekian terima kasih simak juga tips dari kami Bagitau.id Selamat mencoba.

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas