Tips agar ketupat empuk dan tahan lama

PropelleradsHosting Unlimited Indonesia

Tips agar ketupat empuk dan tahan lama

Lebaran sebentar lagi, tak terasa tinggal menghitung hari. Setiap kali lebaran tentunya ada menu wajib yang selalu tersaji, salah satunya adalah ketupat.

Ketupat merupakan salah satu menu wajib ketika lebaran tiba. Lebaran belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ketupat diatas meja.

Ternyata demi hasil yang maksimal memasak ketupat perlu cara dan teknik tersendiri.

Berikut ini Tips agar ketupat empuk dan tahan lama:

Pemilihan dan Takaran Beras

Isi didalam ketupat tentunya adalah beras. Kualitas beras yang digunakan akan sangat mempengaruhi kualitas ketupat. Maka dari itu pilihlah beras dengan kualitas yang baik dan bermutu.

Cuci beras hingga bersih, agar ketupat bertekstur lembut dan tidak cepat basi. Setelah proses pencucian sebaiknya direndam selama 30 menit, lalu tiriskan.

Jika anda menggunakan beras pylen isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

Pemilihan Kulit Ketupat

Pilihlah kulit ketupat yang bersih dan, masih segar, anyamannya rapi dan rapat. Agar hasil ketupat Anda padat dan bersih.

Jika Anda bisa membuatnya sendiri, anda bisa membeli kulit ketupat yang masih menjadi janur.

Dengan begitu Anda akan mengetahui persis kulitas bahan dari kulit ketupat yang Anda gunakan.

Free Traffic 468

Proses merebus Ketupat

Selama proses merebus, pastikan ketupat terendam air seluruhnya agar matang dengan sempurna.

Jika pada saat merebus airnya menyurut tetapi ketupat belum matang, Anda bisa menambahkannya dengan air yang mendidih agar proses pemasakan berus berlangsung.

Saat merebus pun Anda bisa mengganti air dengan santan bila Anda inginkan ketupat menjadi lebih gurih. Biasanya ketupat dimasak dalam waktu 4-5 jam.

Saat Ketupat Matang

Jika ketupat telah matang, celup-celupkanlah kedalam air mendidih.

Lalu siram dengan air biasa kemudian gantung ketupat agar air menetes dan tidak ada air yang mengendap dalam ketupat. Karena air yang mengendap dapat membuat ketupa menjadi cepat basi.

Penyajian dan Penyimpanan Ketupat

Saat penyajian ketupat pastikan dalam keadaan dingin atau sudah tidak terlalu panas, agar bentuk yang dihasilkan benar-benar sempurna.

Kemudian potong ketupat seperlunya saja karena ketupat yang sudah dipotong akan lebih cepat basi dari pada yang belum.

Simpan ketupat dalam lemari es jangan lupa dibungkus dengan plastik agar kulitnya tidak kering. Ketupat yang disimpat dalam lemari es dapat bertahan 4-7 hari.

Untuk menghangatkan ketupat yang telah disimpan Anda dalat lakukan dengan jarang mengukus ketupat dan jangan direbus sebelum disantap.

Sumber: Harian Sumeks

Daftar Sekarang

Comments

comments

Leave a Reply

Lewat ke baris perkakas