Tidur yang cukup bisa meningkatkan mood./cbc

bagitau.id – Tidur tidak hanya mampu menghilangkan rasa kantuk, tapi juga sangat baik untuk kesehatan jiwa dan raga. Meski sering dianggap sepele, tidur sangat memengaruhi kehidupan seseorang.

Istirahat yang cukup dan berkualitas membuat tubuh menjadi prima sehingga kita tetap aktif sepanjang hari. Tubuh prima inilah yang secara psikologis berdampak pada berbagai hal positif, seperti antusiasme atau mood yang baik, ingatan yang kuat dan menimbulkan kepercayaan diri.

Sebuah penelitian menunjukkan, ketika tidur, otak kita memroses, memperkuat, dan menggabungkan ingatan kita dari sepanjang hari. Jika kurang tidur, ingatan-ingatan tersebut tidak bisa disimpan dengan benar dalam otak dan bisa hilang. Alhasil, daya ingat menurun, mood buruk dan akhirnya menjadi kurang percaya diri.

Dampak lain, orang yang kurang tidur cenderung menjadi tidak sabar, mudah stres, sulit berkonsentrasi bahkan kurang produktif di sekolah maupun di tempat kerja. Untuk produktivitas, mereka yang kurang tidur membutuhkan waktu lebih lama dalam menyelesaikan tugas, bereaksi lebih lambat alias lemot, dan membuat lebih banyak kesalahan.

Agar berbagai manfaat tidur bisa kita dapat secara maksimal, jangan lupa untuk tidur sesuai jumlah jam yang dianjurkan. Untuk orang dewasa disarankan tidur 7-9 jam sehari, remaja 8-10 jam, anak-anak 9-11 jam, dan balita 10-13 jam sehari. (rosanda)