Flek hitam di wajah sering membuat orang tak percaya diri/IST

bagitau.id – Flek hitam di wajah memang menyebalkan. Dampaknya bikin orang tak percaya diri. Sudah pakai make up pun kadang masih kelihatan. Malah bikin wajah seperti belang-belang.

Banyak hal yang bisa mempengaruhi timbulnya flek hitam. Diantaranya bekas jerawat, penggunan kosmetik, polusi, paparan sinar ulttra violet hingga faktor genetik.

Berbagai produk kosmetik sebenarnya saat ini banyak yang menawarkan solusi untuk membersihkan wajah. Termasuk menghilangkan flek hitam di wajah. Tapi kalau ingin lebih aman, Anda bisa mencoba menghilangkannya dengan bahan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam di wajah dirangkum dari berbagai sumber.

1Kentang

Bahan makanan yang satu ini pasti sudah familiar. Berbagai camilan bisa dihasilkan dari kentang. Tapi kentang juga punya zat tepung dan kandungan enzim yang sangat bermanfaat. Salah satunya dapat mengurangi pigmentasi pada kulit.

Kentang juga bisa mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam. Caranya dengan membuat racikan masker alami darinya. Kupas kentang, cuci bersih, hancurkan sampai berbentuk pasta. Balurkan ke wajah secara merata. Diamkan sekitar 10-15 menit, kemudian bilas. Lakukan secara berkala untuk hasil maksimal.

2Lidah Buaya

Banyak sekali produk kosmetik yang menggunakan ekstrak lidah buaya. Itu artinya tanaman yang satu ini punya banyak manfaat. Termasuk untuk perawatan wajah.

Kandungan polisakarida pada lidah buaya dapat membantu menyamarkan flek hitam di wajah. Caranya sangat mudah. Ambil gel lidah buaya, haluskan. Lalu oleskan di bagian wajah yang ada flek hitamnya. Biarkan kandungan alaminya meresap selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

3Mentimun

Mentimun punya kandungan antioksidan dan banyak vitamin. Oleh karena itu manfaatnya pun sangat banyak. Tak hanya bagus untuk pencernaan tapi juga berguna untuk perawatan wajah.

Salah satunya menghilangkan flek hitam secara perlahan. Selain itu, mentimun juga membersihkan bekas jerawat dan lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya mudah, iris mentimun tipis-tipis. Gosokkan pada wajah pelan-pelan. Untuk menyegarkan kulit, cukup tempelkan pada wajah. Biarkan sampai kering. Lakukan teratur 3 kali sehari.

4Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dipercaya bisa memperlambat penuaan. Madu juga punya antibakteri alami.

Madu bisa menjadi exfoliator untuk menghilangkan kulit berpigmen mati. Setelah itu madu dapat memudahkan pertumbuhan sel-sel baru yang sehat.

Madu juga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya, gunakan madu sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin.

5Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah dengan singkat. Jika dilakukan dengan rutin, flek hitam di wajah juga akan berkurang.

Caranya campurkan air lemon dengan madu untuk membuat masker wajah. Agar flek hitam cepat hilang, konsumsilah air lemon dengan rutin.

6Putih Telur

Kandungan protein pada putih telur dapat membantu membuat kulit lebih kencang. Selain itu bisa mencerahkan kulit juga.

Putih telur pun bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan flek hitam di wajah. Caranya campurkan putih telur dengan susu bubuk. Kemudian balurkan ke wajah sebagai masker. (rahmawati)