Pixabay.com

bagitau.id – Dibutuhkan sepatu yang tepat untuk menjadi teman joging di pagi atau sore hari. Dilansir dari Heathline, ada beberapa cara untuk memilih yang tepat, mulai dari teknik pengkuran, analisis cara berjalan dan juga bagaimana penggunaan kaus kaki mempengaruhi kecocokan sepatu joging.

Sepatu lari yang pas, menurut ahli ortopedi Patrick Maloney, adalah kombinasi antara memberikan ruang yang cukup bagi kaki di dalam sepatu dan penyangga yang cukup sehingga kaki tidak bergerak atau tergelincir di dalam sepatu. Penting juga untuk mendapatkan ukuran panjang dan lebar sepatu yang disesuaikan dengan jenis kaus kaki yang akan digunakan saat berlari.

Untuk panjang yang tepat, beri jarak setidaknya 1,25-2,5 sentimeter antara jari kaki terpanjang dan ujung sepatu. Untuk mendapatkan lebar yang pas, pastikan Anda bisa mencubit atau menekan beberapa bagian samping sepatu. Ukuran sepatu lari biasanya setengah kali lebih besar dari ukuran sepatu biasa. Jadi, setelah menentukan panjang dan lebar yang tepat, coba juga cari ukuran sepatu dengan ukuran setengah kali lebih besar dari yang biasa dipakai.

Lalu cobalah beberapa merek dan tipe sepatu lari. Selain memastikan ukuran yang tepat, perlu dipertimbangkan kesejajaran kaki, jarak tempuh yang direncanakan, dan variabel-variabel lain yang berkontribusi terhadap kenyamanan dan keamanan saat berlari.

Beberapa toko sepatu olahraga khusus juga umumnya akan memberikan saran yang dilihat berdasarkan analisis gaya berjalan pengguna. Hasil analisis gaya berjalan akan menemukan mana dari tiga sepatu lari yang harus dipertimbangkan, seperti netral, stabilitas, dan kontrol gerak.

Setelahnya, luangkan waktu sebentar untuk melakukan percobaan joging di tempat dengan sepatu pilihan. Ini akan membantu menentukan kenyamanan sepatu yang digunakan. Pastikan juga untuk mengenakan kaus kaki saat mencobanya.

Pastikan ukurannya pas. Manfaat utama dari pengukuran yang tepat, kata Maloney, adalah stabilitas dan dukungan yang baik untuk kaki. Hal itu akan memungkinkan tingkat aktivitas dan lari yang diinginkan.

Ingat, sepatu lari yang terlalu besar dapat menyebabkan kerusakan pada jari kaki. Sementara sepatu yang terlalu kecil sering kali menimbulkan kerusakan pada kuku.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti berikut:
– Jari kaki Anda harus memiliki ruang yang cukup untuk menyebar.
– Jari kaki tidak boleh terasa kaku atau menyentuh ujung sepatu.
– Tumit harus terasa nyaman. ***