Kulit kusam menjadi keluhan umum, dampaknya bikin kepercayaan diri luntur/Freepik

bagitau.id– Kulit kusam sering jadi keluhan yang umum. Tak hanya menimpa yang tua tapi juga orang muda. Orang yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan yang paling sering mengalaminya.

Selain paparan sinar ultra violet, debu juga bisa jadi penyebab kulit kusam. Untuk menghindarinya mungkin sulit, karena pekerjaan mengharuskan berada di tempat terbuka.

Menggunakan sunscren mungkin salah satu alternatif. Tapi ada lho tips sederhana untuk mengembalikan kulit jadi bercahaya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara sederhana untuk mengatasi kulit kusam.

Baca Juga: Cara Hilangkan Bau Kaki, Mudah dan Murah

1. Rutin cuci muka

Sederhana bukan? Mencuci muka merupakan kegiatan yang mudah. Tapi ingat, saat mencuci muka, pastikan Anda menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Waktu paling utama mencuci muka adalah sebelum tidur. Sebab, kotoran debu atau sisa make up yang dibawa tidur sangat berbahaya. Sebab dapat menimbulkan komedo dan jerawat.

2. Tidur nyenyak

Tidur yang nyenyak ditambah porsi tidur yang cukup dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Orang yang mengalami kesulitan tidur, bisa membuat kesehatannya terganggu. Termasuk kesehatan kulit.

Tak heran, orang yang tidurnya tak nyenyak atau kurang dari 8 jam sehari, kulit wajahnya akan terlihat kusam.

3. Gunakan pelembab

Pelembab untuk wajah sangat penting. Karena dapat memberikan nutrisi untuk kulit sehingga kulit tetap sehat. Pelambap juga bisa membuat kulit menjadi tampak lebih cerah.

Tapi tak semua orang sesuai dengan satu jenis pelembab, Gunakan pelembab sesuai jenis kulit. Bagi yang berkulit kering, gunakan pelembap yang mengandung gliserin, dimethicone dan asam hialuronat.

Kemudian bagi yang kulitnya berminyak, Anda harus menggunakan pelembab yang memiliki tanda non komedogenik.