Bau amis pada ikan bisa dihilangkan dengan bahan dan cara yang mudah/Freepik

bagitau.id- Ikan merupakan salah satu makanan sehat. Mengandung banyak omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak. Sayangnya, sebagian orang mungkin malas mengolah ikan. Itu kaena baunya yang amis.

Cara yang paling populer untuk menghilangkan bau amis ikan adalah menggunakan jeruk nipis. Lalu bagaimana jika stok jeruk nipis habis? Ternyata ada beberapa bahan lain yang bisa dipakai menggantikan jeruk nipis. Salah satunya jahe.

Sejumlah bahan beserta cara menghilangkan bau amis itu, dirangkum bagitau.id dari berbagai sumber. Disajikan untuk Anda yang ingin masak ikan tapi tak suka dengan bau amisnya. Simak yuk.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Mengatasi Kulit Kusam

1. Jahe

Jahe punya aroma khas yang menyegarkan. Selain untuk bahan minuman hangat, jahe juga bisa mengatasi bau amis pada ikan.

Caranya, bersihkan jahe lalu haluskan dengan cara diparut atau digiling. Lalu balurkan pada ikan. Diamkan sejenak, kemudian cuci bersih saat ikan akan diolah.

2. Cuka

Cuka bisa digunakan menghilangkan bau amis ikan hingga 50 persen. Caranya larutkan cuka dengan air secukupnya. Kemudian rendam ikan pada larutan tersebut. Biarkan selama beberapa menit.

Jika ribet, Anda bisa mengoleskan saja cuka tersebut ke ikan, biarkan beberapa menit. Lalu bilas dengan air bersih.

3. Asam jawa

Balurkan asam jawa ke ikan sampai merata. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir. Ikan siap untuk diolah dan dimasak.

4. Mentimun

Mentimun bisa mentetralkan bau amis ikan. Caranya parut mentimun lalu balurkan merata pada ikan. Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Usahakan jangan dicelupkan, tapi dialiri, sehingga air untuk membilasnya berganti.

5. Garam

Ini bahan paling mudah ditemukan di dapur. Garam juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya, cukup balurkan pada ikan. Diamkan selama lima menit.

Setelah itu cuci bersih ikan. Pastikan tak ada garam yang masih menempel, agar tak keasinan. Cuci dengan air mengalir. ***