Hasil foto yang diolah menggunakan Lightroom/Instagram @kondaakdio

bagitau.id– Aplikasi berbagi foto, Instagram, semakin hari semakin digandrungi. Fitur barunya seperti Instagram Stories bikin penggunanya makin eksis. Selain itu banyak juga pengguna lain yang semakin giat mengelola akun Instagram supaya warna-warna fotonya berhubungan satu dengan lainnya dan enak dilihat.

Baca Juga: Hilangkan Flek di Wajah dengan Bahan Alami

Sepertinya sulit dan mesti telaten, jangan khawatir foto pakai smartphone juga bisa kece kok. Banyak aplikasi yang bisa digunakan di smartphone. Salah satunya lightroom. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone.

Aplikasi ini direkomendasikan oleh selebgram Kondaak Dio dan Milanov. Kebanyakan postingan di Instagramnya hanya menggunakan iPhone 8 dan aplikasi saja.

Berikut ini tips editing foto dengan Lightroom lengkap dengan penjelasan tool-tool nya dari Kondaak Dio dan Milanov agar Instagram kamu rapi. Simak Yuk.

1. Gunakan fitur Light untuk membuat foto kamu jadi lebih cerah atau gelap. Kalau Dio lebih menyukai foto yang agak gelap, agar warna foto tetap terlihat.

2. Gunakan contrast, highlights, shadows, dan whites. Gunakan shadows untuk menambah kejelasan fotomu. Ini juga rahasia foto-foto agar ebih terlihat jelas dan enak dilihat.

3. Kalau cowok lebih gemar foto-foto yang gelap atau agak gelap, agar terkesan maskulin. Kalo cewek ada baiknya foto-foto yang cerah agar terkesan ceria.

4. Fitur Color digunakan untuk mengubah komposisi warna di foto kamu. Ini fitur yang paling digemari. Biasanya menggunakan temp untuk mengubah temperature foto, dan vibrance untuk mengurangi saturasi.

5. Di fitur color, ada juga fitur mix untuk mengubah satu-persatu warna di foto kamu. Warna yang biasa dimainakn dua selebgram itu adalah oranye, kuning, hijau, cyan, dan biru.

6. Fitur crop digunakan untuk memotong ukuran foto kamu. Disarankan menggunakan crop dari Lightroom agar ukuran foto dan kualitasnya tetap tinggi.

7. Fitur effects memberikan efek tertentu di fotomu. Clarity untuk menambah atau mengurangi ketajaman foto, dehaze memberikan efek kabut, dan vignette amount kalo ingin foto kamu fokus ke suatu objek.

8. Di fitur effects, ada juga fitur split tone untuk mengubah tone highlights dan shadows. Ubah sedikit saja agar perubahan komposisi warna tidak terlalu mencolok.

Tidak sulit menggunakannya kalau diulang-ulang. Selamat mencoba! (dinda)