XL Smart Hydroponics diklaim meningkatkan produktivitas pertanian/Ist

bagitau.id- PT XL Axiata Tbk meluncurkan inovasi teknologi baru berbasis Internet of Thing (IoT). Teknologi ini ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk “Urban Farming” melalui program “XL Smart Hydroponics”.

Baca Juga: Tahniah, Sudah 20 Tahun Menara Media Pratama Eksis di Batam


Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan XL Smart Hydroponics merupakan solusi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Penggunaan IoT ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas petani hingga lebih dari dua kali lipat,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

Sistem tersebut merupakan bagian ari transformasi digital yang sedang dijalankan XL. Sistem hydroponics ini tentu memperhatikan sejumlah hal penting seperti pemantauan dan peyesuaian secara berkala atas takaran nutrisi, suhu air dan udara, serta tingkat keasaman (pH) air yang akan digunakan.

“Namun, seringkali pengukuran yang kurang akurat dan tidak rutin sehingga pengendalian nutrisi menjadi kurang maksimal,” ujarnya.

XL Smart Hydroponics memiliki sistem yang telah terintegrasi, baik terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform dan aplikasi. Solusi ini telah dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang mudah digunakan.

“Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real-time dan optimalisasi secara otomatis atas parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman,” terangnya.

Fungsi utama XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air secara otomatis. Kondisi udara di sekitar tanaman akan dimonitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman.

Tangki air yang berisi nutrisi pun dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait.

“Lalu data-data ini akan diolah dalam system dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman,”katanya. (agung)