Yamaha YZF-R6/Twitter @Asphalt_Rubber

bagitau.id– Kabar terbaru mengejutkan dunia otomotif, Yamaha YZF-R6 tak akan diproduksi lagi mulai tahun 2021. Penghentian produksi itu khusus versi legal untuk penggunaan harian.

Baca Juga: Honda Supra X 125 Dijual ke Yunani, Harganya Rp 48 Juta

Ke depan, Yamaha tetap memproduksi R6, tapi khusus untuk seri R6 Race. Seri ini diproduksi sebagai model supersport khusus trek alias menyesuaikan kebutuhan balapan sirkuit.

Dilansir dari laman Visordown, Yamaha tetap menjual R6 untuk kebutuhan balap karena melihat performa motor tersebut dalam kancah balap beberapa waktu terakhir.

Yamaha R6 edisi sirkuit akan mulai dipasarkan mulai 2021. Menurut laman Ukclubsport, ada dua versi yang disediakan yaitu non modifikasi dan siap pakai.

Untuk non modifikasi, pemiliknya dapat menyesuaikan motor dengan kebutuhan balap. Sedangkan yang siap pakai, pembeli tinggal menggerber motor itu di lintasan balap tanpa perlu mengotak-atiknya lagi.

Yamaha R6 merupakan motor sport fairing yang dimodali mesin 599 cc DOHC empat silinder dengan transmisi enam percepatan. Tenaga yang dihasilkan yakni 122 hp pada rpm 14.500 dan torsi 65,7 nm pada rpm 10.500.

Motor ini dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp270 juta on the road Jakarta. (rahmawati)