Atlet panahan berkonsentrasi membidik sasaran di lapangan panahan BIFZA ASC, Temenggung Abdul Jamal, Sabtu (21/11/2020)/Agung Dedi Lazuardi

bagitau.id – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Kepri menggelar Archery Festival di lapangan panahan BIFZA ASC, Temenggung Abdul Jamal, Sabtu (21/11/2020). Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Iluni UI, BP Batam dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Batam.

Kejuaraan panahan itu memperebutkan medali dan sertifikat, juga piala ketua ILUNI UI Kepri untuk juara umum. 72 atlet panahan yang berasal dari 9 klub panahan di Batam, ikut serta di dalamnmya.

Dalam kejuaran itu setidaknya ada lima kelas yang dipertandingkan. Mulai dari kelas Compound, Barebow hingga Recurve yang dibagi dalam kategori umur peserta.

“Kelas Compound untuk umum putra-putri, kemudian Barebow hanya untuk umum putra, dan Recurve atau Nasional umur 13, umur 15, dan umum. Jadi ada lima kelas,” ujar panitia acara, Ferry Nawa Pamungkas.

Tak hanya itu,sebagai penerepan protokol kesehatan, pihaknya juga membatasi jumlah peserta yang mengkuti kejuaraan tersebut. Ferry mengatakan hanya menerima peserta dari Batam saja, meskipun banyak daerah lain yang ingin mengikuti kejuaraan tersebut. Tujuannya untuk menghindari kerumunan orang di tengah pandemi.

“Pada kondisi ini, papan bantalan kami sediakan satu orang untuk satu papan bantalan. Jarak antarpemanah 2 meter, biasanya satu papan bantalan untuk tiga orang,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Persatuan Panahan Indinesia (Perpani) Batam, Dede mengatakan, pihaknya cukup mengapresiasi apa yang dilakukan Iluni UI itu.

“Kami mendukung kegiatan ini dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya. (Agung)