Ilustrasi/Pixabay

bagitau.id- Beberapa jenis sampah dapur ternyata bisa jadi pupuk. Hal ini tentu menguntungkan. Selain tak perlu membuangnya, tanaman pun bisa tumbuh subur.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang yang biasanya sibuk di luar rumah, kini jadi punya hobi berkebun. Mulai dari sayuran hingga aneka bunga.

Tentu saja pupuk sangat diperlukan saat bercocok tanam. Agar tanaman sehat biasanya banyak orang yang kemudian memilih pupuk kompos.

Daripada beli, ada baiknya Anda bikin sendiri dengan cara memanfaatkan sampah dapur. Dirangkum dari berbagai sumber, ini dia sampah dapur yang bisa dimanfaatkan menjadi pupuk.

1Ampas teh dan kopi

Ampas kopi/Pixabay

Dua jenis sampah dapur ini paling sering ditemukan di rumah. Ampas teh memiliki kandungan yang bisa menyuburkan tanaman. Demikian pula dengan ampas kopi, memiliki nutrisi yang setara dengan pupuk.

Anda cukup menaburkan ampas keduanya pada permukaan tanah di sekitar tanaman. Aduk-aduk sedikit agar ampas teh atau kopi tercampur merata dengan tanah.

2Cangkang telur

Cangkang telur/Freepik

Seperti halnya ampas teh, cangkang telur juga bisa menyuburkan tanaman seperti pupuk. Oleh karena itu, Anda tak perlu membuang cangkar telur tiap kali memasak telur.

Cara pengalikasiannya menjadi pupuk juga sant mudah. Cukup cuci bersih dan keringkan cangkang telur itu. Lalu tumbuk sampai menjadi pecahan-pecahan kecil. Lalu masukkan pecahan cangkang itu ke dalam tanah di sekitar tanaman.

3Air beras

Air beras/Pixabay

Bahan pupuk dari sisa dapur yang satu ini pasti dimiliki di setiap rumah. Tiap kali memasak nasi, pasti Anda mencucinya dahulu. Ternyata air sisa cucian beras yang biasanya berwarna putih keruh ini memiliki kandungan nitrogen potasium dan phosphorus. Kandungan itu sangat baik bagi pertumbuhan tanaman.

Cara menjadikannya sebagai pupuk juga mudah. Tiap kali mencuci beras, kumpulkan airnya di wadah. Diamkan selama 3-7 hari agar air beras berfermentasi. Setelah itu campurkan hasil fermentasi itu dengan air sebelum disieram ke tanaman.

Tak hanya bikin subur, air fermentasi itu bisa mengusir hama seperti ulat atau hewan lain yang menggangu pertumbuhan tanaman.

4Kulit pisang

Kulit pisang/Freepik

Sampah dapur yang satu ini bisa jadi pupuk yang baik untuk tanaman bunga, buah atau sayuran. Cara membuatnya juga mudah. Cukup siapkan 10-15 kulit pisang. Potong-potong kecil lalu masukkan ke botol. Tuang air sampai penuh ke botol berisi kulit pisang.

Tutup rapat botol itu, pastikan tak ada udara masuk. Diamkan kulit pisang di botol selama tiga hari. Setelah itu bisa disemprotkan ke tanah sekitar tanaman.

Jika tak mau repot, Anda juga bisa menguburkan kulit pisang di dalam tanah di sekitar tumbuhnya tanaman. Asupan kalium dari kulit pisang akan membuat tanaman tumbuh subur.

5Ampas kelapa

Ampas kelapa/Freepik

Jika Anda tipe yang lebih suka santan segar daripada kemasan, ampas santan pasti jadi salah satu sampah dapur. Menurut penelitian, ampas kelapa mengandung protein dan lemak yang tinggi.

Campurkan ampas kelapa ke media tanam untuk membantu tanaman cepat berbunga atau berbuah. (rahmawati)