Ilustrasi/Piqsels

bagitau.id– Patah hati memang berat, bahkan banyak orang melakukan sesuatu yang bisa merugikan dirinya. Misalnya tak punya nafsu makan, melamun meratapi perasaannya, bahkan banyak orang yang nekat bunuh diri.

Dokter holistik kenamaan dr Grace Hananta punya tips untuk mengembalikan mood menjadi lebih positif. Sehingga kamu yang patah hati dapat kembali bersemangat untuk melakukan sesuatu. Apa saja? simak yuk.

Dokter holistik, dr Grace Hananta/Agung Dedi Lazuardi

1. Terima keadaan

Bagi kamu yang saat ini patah hati, berusahalah menerima kondisi bahwa perasaan itu tak bisa diatur. Tuluslah dalam memberikan perasaan kita.

“Mau kita cinta banget sama dia, tapi dia gak cinta sama kita, ikhlaskan saja,” kata dr Grace saat ditemui di Harris Waterfornt Marina, Sabtu (28/11/2020).

2. Hindari makan berlebihan

Patah hati bikin tak enak makan, atau sebaliknya bikin makan jadi berlebihan. Oleh karena itu dr Grace menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu naiknya berat badan.

Jika berat badan sesorang naik, maka hal itu dapat memicu mood menjadi bertambah buruk.

“Makan coklat boleh tapi jangan berlebihan, makan nasi jangan berlebihan,” ujarnya.

3. Alihkan fokus

Alihkan fokus atau pikiran patah hati itu kepada hal lain. Coba sesuatu yang baru. Dengan demikian kita bisa mendapatkan identitas yang baru dan meninggalkan pengalaman yang lama.

Misalnya saat bersama orang yang kita suka selalu fokus dengan orang itu, sekarang coba fokus dengan karier. Bisa jadi selama ini kamu tak bisa mendapatkan karier yang kamu inginkan karena kurang berusaha dan energi habis untuk orang yang bikin kamu patah hati.

“Alihkan fokus dari yang negatif menjadi positif, dan itu adalah kita yang punya daya untuk sebuah keputusan yang kita ambil,” katanya.

4. Ambil hikmahnya

Percayalah, segala sesuatu yang terjadi pada diri kita pasti ada hikmahnya. Saat patah hati juga, mungkin si dia bukan yang terbaik buat kamu. (agung)