Kimchi, makanan khas Korea diklaim oleh China/Freepik

bagitau.id– Warga dari dua negara di Asia ini perang di media sosial gara-gara kimchi. Hal itu bermula dari pao cai, sayur acara dari Sinchuan, China mendapat sertifikasi internasional.

Dilansir dari Reuters, konflik bermula ketika media China Global Times menuliskan tentang Beijing memenangan sertifikasi dari organisasi global untuk pao cai.

Baca Juga:
Trik Jitu Mengatasi Kecanduan Mi Instan

Media tersebut menyebut standar internasional untuk industri kimchi dipimpin China. Kimchi ini merupakan makanan khas Korea yang terbuat dari kubis. Sepintas makanan ini mirip dengan sayur acar China, pao cai.

Ulasan media China itu menyulut bantahan dari media Korsel. Negeri Panda itu ditunding ingin merebut kimchi menjadi made in China.

Media Korsel mengkhawatirkan Beijing tengah berusaha melakukan pemaksaan ekonomi. Sehingga China mendominasi dunia.

Tak tanggung-tanggung, Kementerian Pertanian Korsel pun mengomentari inisiden tersebut.

“Tidak pantas untuk melaporkan (tentang Pao Cai memenangkan ISO) tanpa membedakannya dengan Kimchi,” begitu bunyi pernyataan resmi tersebut.

Dilansir dari CNBCIndonesia, kecaman dari warga Korsel juga semakin deras mengalir ke China. Mereka melampiaskan kemarahan itu di media sosial.

“Sungguh pencuri budaya kita,” kata seorang netizen Korsel menulis di portal web populer Naver.com.

“Saya membaca berita media China, sekarang (mereka) mengatakan Kimchi adalah budaya mereka, dan membuat standar internasional untuk itu. Itu tidak masuk akal,” kata Kim Seol ha (28).

Tak mau kalah, warga China juga heboh mengklaim kimchi sebagai makanan tradisional China.

“Bahkan pelafalan kimchi berasal dari bahasa China,” kata warga China di laman Weibo. (rahmawati)