Geranium merupakan tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk/Pixabay

bagitau.id- Di musim penghujan banyak air tergenang dan bikin nyamuk berkembang biak. Untuk mengantisipasinya beberapa tanaman hias pun bisa mengusir nyamuk.

Alternatif menggunakan tanaman hias ini lebih alami ketimbang menggunakan obat pengusir nyamuk yang mengandung bahan kimia.

Beberapa tanaman ini juga sering dipakai jadi ekstrak untuk obat nyamuk yang dijual di pasaran. Dilansir dari beautynesia, beberapa tanaman hias ini bisa mengusir nyamuk.

1Lavender

Lavender/Freepik

Sudah tak perlu diragukan, lavender terkenal mampu mengusir nyamuk. Bahkan banyak merek obat nyamuk yang menggunakan ekstrak lavender.

Meskipun aromanya wangi, tapi nyamuk benci lavender. Itu karena ada kandungan linalool dan lynalyl asetat dalam lavender.

Untuk megusir nyamuk, Anda bisa menanam lavender ini di dalam pot. Lalu meletakkannya di depan kamar agar terhindar dari nyamuk.

2Daun mint

Daun mint/Freepik

Daun mint mengandung minyak yang tak disukai nyamuk. Tanaman ini daoat mengusir nyamuk hingga 2,5 jam. Caranya dengan membuat larutan daun mint atau dalam bentuk minyak esensial. Anda bisa menyemprotkannya di tempat-tempat yang sekiranya dihinggapi nyamuk.

3Bunga Rosemary

Rosemary/Freepik

Tanaman rosemary memiliki daun berbentuk oval kecil dengan ujung runcing seperti jarum. Sekilas mirip dengan daun pohon cemara.

Rosemary memiliki bunga kecil berwarna biru gelap atau kadang ungu pucat. Nah bunga inilah yang dibenci oleh nyamuk. Tanaman bunga rosemery bisa Anda letakan di kamar.

Selain itu, rosemary juga tahan terhadap cahaya matahari. Sehingga bisa menjadi tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan.

4Bunga Geranium

Geranium merupakan tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk/Pixabay

Bunga geranium punya banyak varian. Kendati demikian fungsinya sama, sebagai pengusir nyamuk. Bunga ini juga dikenal dengan nama tapak dara.

Bunga geranium memiliki kandungan zat sitronelol dan geraniol. Inilah yang membuat aroma bunga itu tak disukai nyamuk. (rahmawati)