Salah satu ikan gabus jenis channa marulioides yellow Riau yang merupakan koleksi Taufik/Agung Dedi Lazuardi

bagitau.id- Kabar gembira bagi pencinta ikan hias, terutama pencinta ikan predator seperti gabus, atau yang akrab disebut channa. Karena, pada 4-8 Februari mendatang, akan digelar ferstival channa Batam di Kepri mall.

Festival itu akan menampilkan berbagai macam ikan predator yang eksotis. Selain itu juga akan diadakan lelang serta doorprize dengan berbagai hadiah.

Baca Juga: Ikan Gabus Si Penyembuh Luka

“Tujuan kegiatan ini edukasi, memberitahu masyarakat, bahwa ikan gabus juga bisa dipelihara di akuarium. Dari sana nantinya mengarah ke kontes channa,” ujar Penggagas Festival Channa Batam, Taufik, Rabu (6/1/2021).

Taufik mengatakan inisiasi menggelar festival channa ini karena melihat perkembangan pencinta ikan hias khusus gabus di Batam mulai banyak. Namun para pecinta gabus itu belum ada wadahnya.

Padahal kata dia, di pulau Sumatra lainnya, kontes gabus masuk dalam kalender pariwisata yang digelar bisa 2-3 kali dalam setahun.

“Dalam hal ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sangat mensuport kami, jika acara ini sukses, rencananya akan dibuatkan kalender kegiatan setiap tahun, dan ini merupakan festival channa perdana di Batam,” ucapnya.

Pada kegiatan festival ini, pihaknya tak membatasi jumlah peserta. Bahkan satu orang diperbolehkan membawa beberapa ekor koleksinya, seperti dirinya yang berencana membawa lima jenis koleksinya.

“Saat ini, target kami untuk peserta minimal 25 peserta dulu,” ucapnya.

Bagi yang berminat, bisa mendaftarkan diri dengan menghubungi kontak panitia, yang merupakan Event Organizer (EO) Kepri mal di nomor ponsel 081266318587. Setelah itu juga wajib membayar pendaftaran yang dibagi menjadi tiga kelas sesuai ukuran ikan.

“Kelas junior itu ukuran 10-15 cm bayar Rp50 ribu, kelas remaja ukuran 20-30 cm Rp75 ribu, sedangkan kelas jumbo 40-60 cm bayar Rp150 ribu. Pendaftaran ditutup pada 1 Februari,” ucapnya.

Sedangkan bagi yang ingin menjadi sponsor, pihaknya memberlakukan sistem sukarela. Bisa memberikan dukungan berupa uang, atau perlengkapan akuarium, hingga akurium yang nantinya bisa menambahkan hadiah doorprize.

“Silahkan mau berikan dukungan apa aja, nanti akan kami pasang logonya,” ujarnya. ***