Ketua KPU Kepri, Sriwati/Dicky Sigit Rakasiwi

bagitau.id – Gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Gubernur Kepri dinyatakan terus berlanjut. Hal itu diketahui, setelah pengajuan perkara telah terdaftar di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia dengan akta registrasi perkara Nomor: 131/PAN.MK/ARPK/01/2021.

Gugatan PHP Gubernur Kepri itu, diajukan oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Isdianto-Suryani.

Baca Juga: Ombudsman Kepri Minta Bawaslu Tuntaskan Dugaan Pelanggaran Pemilu

“Lanjut sidang. Nunggu informasi lagi nantinya,” ucap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Sriwati, Rabu (20/1/2021).

Selain gugatan paslon Isdianto-Suryani, lanjut Sriwati, gugatan ketiga paslon lainnya pada Pilkada Kepri beberapa waktu lalu juga akan segera disidangkan oleh MK.

“Batam, Lingga, dan Karimun terpantau ada,” katanya. .

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kepri, Agung Sulistiyo mengatakan, berdasarkan registrasi tersebut, KPU Kepri dan KPU Kabupaten Kota yaitu Batam, Karimun dan Lingga telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi sidang PHP tersebut.

“Insya Allah KPU siap lahir dan batin, kami telah melakukan Rakor via zoom sebanyak empat kali, dan melakukan supervisi-monitoring ke KPU serta menyiapkan segala sesuatunya (jawaban dan alat bukti),” ujarnya.

Tak hanya itu, Agung juga mengatakan, pihaknya bersama tiga KPU lainnya akan melakukan Rakor dengan pengacara dan KPU RI pada 21 Januari 2021 besok.

“Ketiga KPU kabupaten dan kota yang bersengketa telah berkonsultasi dengan KPU Kepri, tanggal 21 nanti kami akan gelar rakor dengan kuasa hukum dan KPU RI, ” ujarnya.

Diketahui, terdapat empat paslon yang mengajukan gugatan terhadap hasil Pilkada Kepri. Selain Isdianto-Suryani untuk Pilgub Kepri, beberapa paslon lain seperti Lukita-Basyid (untuk PHP Pilwako Batam), Iskandarsyah-Anwar (untuk PHP Pilbup Karimun), dan Ishak-Salmizi (untuk PHP Pilbup Lingga) juga ikut menggugat.***