Ingat, Bayar THR Minus 7 Hari Sebelum Lebaran

Ilustrasi/Pixabay

bagitau.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mengingatkan ke seluruh perusahaan di Batam agar membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini mengacu pada surat edaran yang terbitkan oleh Menteri Ketenagakerjaan nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam Rudi Sakyakirti mengatakan, surat edaran dari Menaker untuk THR berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan.

Baca Juga: Demo, Buruh Tuntut Upah Naik 8,2 Persen

“Ketentuan dalam surat edaran ini THR Keagamaan dilakukan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan,” kata Rudi belum lama ini.

Kata dia, dalam pelaksanaan pembayaran THR Keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus atau lebih.

THR Keagamaan juga diberikan ke pekerja atau buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Kata dia, adapun jumlah besaran, bagi pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, THR diberikan dengan ketentuan sebesar 1 bulan upah.

“Bagi pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus, tetapi kurang dari 12 bulan, THR diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 bulan kemudian dikali 1 bulan upah,” ucapnya.

Sedangkan bagi pekerja atau buruh yang telah mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Terkait pembayaran THR ini, lanjut Rudi, saat ini pihaknya telah menyiapkan posko pengaduan THR bagi para pekerja dan buruh. Bagi pekerja atau buruh yang mengalami permasalahan pembayaran THR bisa melaporkan ke posko pengaduan ini.

Posko ini disiapkan setiap tahun guna menampung dan mencari solusi atas persoalan buruh terkait pembayaran THR. Adapun keberadaan posko pengaduan tersebut lanjut Rudi, ditempatkan di kantor Dinas Tenaga Kerja Batam di Sekupang.

“Nanti kita juga akan siapkan no kontak yabg bisa dihubungi. Jadi ada yang berhubungan dengan pembayaran THR bisa melaporkan ke sini,” ungkap Rudi.***