Pantai Mirota

bagitau.id – Wisata pantai adalah salah satu jenis wisata yang tidak bisa dilewatkan di Batam. Ada banyak pantai di kota ini. Salah satunya Pantai Mirota. Pantai ini berlokasi di Desa Sijantung, Kecamatan Galang.

Rute Menuju Pantai Mirota

Sebelum berangkat menuju Pantai Mirota, pastikan stamina dalam kondisi fit. Untuk masuk ke area Pantai Mirota, pengunjung wajib menunjukkan sertifikat Vaksin COVID-19. Jadi, jangan lupa unduh dulu sertifikat Vaksin COVID-19, karena akses internet di sana sedikit lemah.

Jarak tempuh dari Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam sekitar 60 KM, dengan waktu tempuh 1 jam 5 menit. Dari titik berangkat Bandara Hang Nadim, belok ke kiri dan ikuti jalan menuju persimpangan Kepri Mall. Setelah mendekati area persimpangan Kepri Mall, lalu belok ke kiri menuju arah Batamindo Industrial Park dan lanjut terus ker arah Tembesi.

Setelah menemukan SPBU di Tembesi, kurangi laju kendaraan dan beralih ke sisi kiri jalan. Karena begitu menemukan perempatan lampu merah Simpang Barelang, beloklah ke kiri.

Setelah ikuti terus jalan melewati Jembatan 1 hingga Jembatan 5 Barelang. Titik masuknya tidak jauh dari Jembatan 5 Barelang, sebelah kanan. Jadi begitu melewati Jembatan 5, kurangi kecepatan dan perhatikan sisi kanan jalan.

Pintu masuk Pantai Mirota/Youtube

Di pos penjagaan, petugas akan meminta pengunjung untuk menunjukkan sertifikat vaksin lebih dulu. Setelah lolos, dilanjutkan dengan membayar biaya masuk dengan tarif Rp 10 ribu per orang.

Dari pintu masuk, ikuti jalan yang lumayan bergelombang, menuju ke area pantai. Bila menemukan ada tumpukan pipa raksasa berwarna hijau tua, lanjutkan terus perjalanan melintasinya, sampai menemukan jalan menurun. Ikuti jalan menurun dan parkirkan kendaraan di sisi kiri.

Fasilitas dan Permainan

Fasilitas yang disediakan di area Pantai Mirota ada beragam. Ada gazebo yang disewa seharga Rp 150 ribu untuk tempat berteduh saat di sana. Tau sendiri, cuaca di pantai biasanya lebih panas. Tapi jangan kuatir, kalau tidak mau menyewa gazebo, di sana juga banyak pepohonan untuk tempat berteduh.

Untuk yang ingin bermain air, tinggal nyebur aja ke pantainya. Tidak dalam kok, untuk anak-anak juga dibolehkan untuk bermain. Ada banana boat juga untuk yang mau uji nyali. Ada jatah dua kali jatuh untuk permainan ini.

Kalau belum puas, pengelola Pantai Mirota juga menyediakan villa untuk tempat menginap. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 450 ribu per malam. Dah, ke sini aja langsung biar tau suasananya. ***