bagitau.id – Kampung ini masuk sebagai 50 Desa Wisata Terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang ditaja oleh KemenparEkraf.

Kampung Blekok, namanya. Ia terletak di Dusun Pesisir, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Kampung ini berjarak 10 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit dari Kota Situbondo.

Kampung Blekok memiliki branding wisata “Harmony of Life” merupakan salah satu wisata baru yang ada di Situbondo serta dikembangkan menjadi ekowisata dalam rangka konservasi keanekaragaman hayati dan meningkatkan kepedulian masyarakat akan alam.

Suasana nyaman kental terasa, begitu kita menginjakkan kaki di kampung ini. Tidak hanya laut yang indah, hijaunya mangrove yang merupakan habitat beragam burung air membuat kita betah selama mungkin di daya tarik wisata ini.

Disebut Kampung Blekok dikarenakan banyak sekali species burung air yang terdapat di kawasan ekowisata ini antara lain blekok sawah [Ardeola speciosa], kuntul kecil [Egretta garzetta], kuntul kerbau [Bubulcus ibis], kowak-malam abu [Nycticorax nycticorax], cangak abu [Ardea cinerea], cangak merah [Ardea purpurea], dan kokokan laut [Butorides striatus].

Kamu bisa berinteraksi langsung loh dengan tanaman mangrove dan burung air. Interaksi dengan tanaman mangrove dapat dilakukan melalui program edukasi mulai dari pembibitan, penanaman hingga perawatan, serta interaksi dengan burung air dengan melakukan pengamatan dan pemotretan.